Rabu, 07 Maret 2012

Opini tentang naiknya harga BBM


Nama             : Nugroho Tri Atmojo
Kelas               : 3EA16
NPM                : 15209990
MATKUL       : B.indonesia 2
Tulisan 1
Naiknya Harga BBM,membuat banyaknya berbagai opini-opini
Permasalahan bahan bakar minyak (BBM) akan terus menjadi beban pemerintah, jika tidak ada kebijakan pencabutan subsidi BBM secara tuntas, alias menaikkan harga BBM sesuai pasar. Selain itu, masyarakat akan menjadi manja dan tidak bisa mandiri, karena selalu disubsidi.
Banyak kalangan setuju BBM naik, dan subsidi dialihkan ke bidang lain yang lebih bermanfaat bagi masyarakat kecil yaitu untuk subsidi kesehatan dan pendidikan. Kalau masyarakat sehat jasmani dan rohani, maka akan bisa belajar dengan baik, sehingga mereka bisa bekerja dengan baik dan mempunyai penghasilan baik.
Pemerintah akan menaikkan harga BBM jenis premium dan solar pada 1 April mendatang kisaran kenaikan harga antara Rp 500 - Rp 1.500 per liter. Saat ini pemerintah tengah menggodok empat jenis kompensasi atas kenaikan harga BBM. Empat jenis kompensasi itu adalah bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), penambahan subsidi siswa miskin, penambahan jumlah penyaluran beras miskin dan subsidi pengelola angkutan masyarakat/desa.
Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai harga Bahan Bakar Minyak (BBM) lebih baik dinaikkan. Resiko dengan menaikkan harga BBM masih bisa diantisipasi. Resiko untuk naik lebih baik ketimbang tidak naik, karena bangsa kita akan semakin susah jika tidak naik. Ini kan juga akibat dari pemerintah yang tidak pernah memutuskan.
Kemungkinan dampak sosial dari kenaikan harga BBM tidak dapat dihindari. Namun subsidi pemerintah lebih baik diarahkan di bidang kesehatan dan pendidikan. Kalau yang miskin tambah miskin itu masalah pemerintah. Saya tidak setuju jika tarif transportasi yang dinaikkan, kalau mau tambahkan saja ke rumah sakit dan sekolah agar gratis. Sehingga pendapatan masyarakat tidak berkurang, jadi tinggal untuk makan saja.
Saya berharap semua pihak mendukung kebijkan pemerintah untuk mencabut subsidi BBM, yang berarti menaikkan harga BBM. Dengan menyesuaikan harga BBM, diharapkan tidak memberatkan anggaran negara dan subsidi bisa dialihkan kebidang lain yang lebih penting dan dibutuhkan masyarakat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar