Rabu, 16 Januari 2013

Tugas 5 : Artikel Manajemen Operasional


Nama              : Nugroho Tri Atmojo
Kelas               : 4EA16
NPM               : 15209990
Tugas 5           : Artikel Manajemen Operasional
Dosen              : Sri Murtiasih 
Matkul            : Etika Bisnis

Pengertian Dan Definisi Manajemen Operasional

Manajemen Operasional adalah usaha pengelolaan secara optimal penggunan faktor produksi : tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.

Fungsi-fungsi proses manajemen : perencanaan, pengorganisasian, pembentukan staf, kepemimpinan dan pengendalian. Orientasi manajer operasi ialah mengarahkan keluaran/output dalam jumlah, kualitas, harga, waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen.

      Tanggung Jawab Manajer Operasi
·           Menghasilkan barang dan jasa.
·           Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi.
·           Mengkaji pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi.

Fungsi Produksi Dan Operasi
·           Proses produksi dan operasi.
·           Jasa-jasa penunjang pelayanan produksi.
·           Perencanaan.
·           Pengendalian dan pengawasan.

Ruang Lingkup Manajemen Operasi
1. Perancangan atau disain sistem produksi dan operasi
·           Seleksi dan perancangan disain produk
·           Seleksi dan perancangan proses dan peralatan
·           Pemilihan lokasi dan site perusahaan dan unit produksi
·           Rancangan tata letak dan arus kerja
·           Rancangan tugas pekerjaan
·           Strategi produksi dan operasi serta pemilihan kapasitas

2. Pengoperasian sistem produksi dan operasi
·           Penyusunan rencana produk dan operasi
·           Perencanaan dan pengendalian persediaan dan pengadaan bahan
·           Pemeliharaan mesin dan peralatan
·           Pengendalian mutu
·           Manajemen tenaga kerja (SDM)

Pengambilan Keputusan
Dilihat dari kondisi atau keadaan dari keputusan yang harus diambil, ada 4 macam pengambilan keputusan :
1. Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti
2. Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung resiko
3. Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti
4. Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan lain.

Beberapa Jenis Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Operasi :
·           Proses : keputusan mengenai proses fisik dan fasilitas yang dipakai
·           Kapasitas : keputusan untuk menghasilkan jumlah, tempat dan waktu yang tepat
·           Persediaan : keputusan persediaan mencakup mengenai apa yang dipesan, berapa banyak, kualitas dan kapan bahan baku dipesan
·           Tenaga kerja : keputusan tenaga kerja mencakup seleksi, recruitment, penggajian, PHK, pelatihan, supervise, kompensasi dan promosi terhadap karyawan, penggunaan tenaga spesialis.
·      Kualitas/mutu : keputusan untuk menentukan mutu barang dan jasa yang dihasilkan, penetapan standar, disain peralatan, karyawan trampil, dan pengawasan produk dan jasa.
Manajemen Operasional

Keputusan Dalam Manajemen Sistem Produksi
·           Keputusan perencaan strategik jangka panjang dalam sumber daya
·           Disain sistem produktif : pekerjaan, jalur proses, tata arus, dan susunan saran fisik
·           Keputusan implementasi operasi : harian, mingguan dan bulanan.

Keputusan Perencanaan Strategis :
·           Pemilihan disain rangkaian produk dan jasa
·           Keputusan perencanaan kapasitas, lokasi gudang, rencana ekspansi
·           Sistem pembekalan, penyimpanan dan logistik.

STRATEGI OPERASI
Strategi operasi merupakan fungsi operasi yang menetapkan arah untuk pengambilan keputusan yang diintegrasikan dengan strategi bisnis melalui perencaan formal. Menghasilkan pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Tipe :
1. Strategi produksi biaya rendah, melalui penekanan biaya produksi :
·           Teknologi tinggi, biaya tenaga kerja rendah, tingkat persediaan rendah, mutu terjamin.
·           Bagian pemasaran dan keuangan mendukung.

2. Strategi inovasi produk dan pengenalan produk baru :
·           Harga bukan masalah dalam pemasaran.
·           Fleksibilitas dalam pengenalan produk baru.

PERENCANAAN PABRIK
Perencanaan pabrik (factoy planning) angat penting karena diperlukan untuk menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai dengan efektif dan efisien.

Perencanaan Pabrik :
·           Penentuan lokasi pabrik
·           Perencanaan bangunan pabrik
·           Penyusunan peralatan pabrik
·           Penerangan, pengaturan suara rebut, dan udara dalam pabrik.

Pemilihan Lokasi Pabrik
Penentuan atau pemilihan lokasi pabrik adalah penting, karena mempengaruhi kedudukan perusahaan dalam persaingan, dan kelangsungan hidupnya. Penentuan lokasi pabrik juga harus mempertimbangkan kemungkinan ekspansi.

Manajemen Operasional
Tujuan Perencanaan Lokasi Pabrik
Tujuannya adalah agar perusahaan dapat beroperasi dengan lancar, efektif dan efisien. Penentuan lokasi memperhatikan faktor biaya produksi & biaya distribusi barang yang dihasilkan & faktor lokasi sangat penting untuk menurunkan biaya operasi.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lokasi Pabrik :
Faktor utama :
·           Lingkungan masyarakat
·           Kedekatan dengan pasar
·           Tenaga kerja
·           Kedekatan dengan bahan mentah dari pemasok
·           Fasilitas dan biaya transportasi
·           Sumberdaya alam lainnya

Faktor sekunder
·           Harga tanah
·           Dominasi masyarakat
·           Peraturan tenaga kerja
·           Rencana tata ruang
·           Kedekatan dengan lokasi pabrik pesaing
·           Tingkat pajak
·           Cuaca/iklim
·           Keamanan
·           Peraturan lingkungan hidup

Sumber
: http://id.shvoong.com/business-management/1966958-manajemen-operasional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar